Kenali Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kenali Jenis Jerawat dan Cara Pengobatannya

Pengertian

     Jerawat adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Apalagi bagi para kaum perempuan. Karena jerawat ini adalah salah satu masalah kulit yang sangat membandel dan sulit disembuhkan. Ditambah lagi dengan bekas jerawat yang lama hilangnya. Jerawat atau biasa disebut dengan acne adalah salah satu masalah kulit yang disebabkan karena banyaknya kotoran yang tersumbat pada kulit sehingga membuat kotoran semakin menumpuk dan membesar sehingga timbulah jerawat. Sebelum jerawat ini muncul, biasanya akan timbul komedo dulu di wajah. Lama kelamaan akan berubah menjadi jerawat.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

1.   Jerawat Batu
Jerawat batu adalah jerawat yang meradang dan besar pada wajah. Jerawat ini biasanya tumbuh sendiri dan sangat besar memerah. Biasanya pada jerawat ini jika tersentuh akan terasa sakit. Dan jerawat ini lunak tetapi memerah. Jerawat ini bisa disebabkan karena pada bekas jerawat sebelumnya. Dan mungkin juga jerawat ini tumbuh karena ada infeksi pada kulit. Selain itu juga, jerawat ini juga bisa disebabkan karena perubahan hormon pada tubuh.

Cara mengatsi jerawat ini yang paling baik adalah jangan sering disentuh. Dan lebih baik jangan coba memecahkan jerawat batu ini, karena jerawat ini semakin disentuh maka jerawat ini akan semakin besar dan memerah. Biasanya jerawat ini akan sembuh dengan sendirinya tetapi dengan syarat jangan disentuh. Dan jika ingin cepat sembuh konsultasikan pada dokter dibidangnya. Dan lebih baik jauhi makanan atau minuman penyebab jerawat.

2.   Jerawat Papula
Jerawat papula adalah jerawat yang berbentuk kecil tapi banyak pada sekitar wajah. Jerawat ini biasanya ciri yang paling khasnya adalah tidak ada nanah pada dalamnya, sehingga jerawat ini berbentuk benjolan kecil yang bewarna merah. Biasanya pada jerawat jenis ini disekitarnya akan bewarna merah sehingga banyak orang yang menyebutkan bahwa jerawat ini adalah jerawat inflamasi. 

Cara mengatasi jerawat ini adalah dengan tidak memencetnya dan menyentuhnya. Karena semakin banyak disentuh, maka jerawat ini akan semakin parah. Untuk mengurangi peradangan pada jerawat ini, maka lebih baik gunakan masker wajah yang cocok pada diri anda. Masker ini bertujuan untuk mengurangi peradangan dan membersihkan wajah dari kotoran-kotoran. 


3.   Jerawat Pustula
Jenis jerawat ini adalah jerawat  yang banyak disebabkan karena peradangan pada jerawat papula. Pada jerawat ini biasanya akan berukuran lebih besar pada jerawat papula. Dan biasanya pada jerawat ini ada warna putih diujungnya. Jerawat ini juga bila disentuh maka akan sakit dan semakin meradang. Jerawat ini disebabkan karena adanya infeksi dari sumbatan pori-pori pada wajah. 

Cara mengatasi jerawat ini adalah dengan membersihkanwajah yang ada  jerawat ini menggunakan obat jerawat yang mengandung asam salisilat. Selain itu juga, jerawat ini juga bisa diatasi dengan rajin menggunakan masker alami yang cocok pada kulit anda. Jika jerawat ini semakin parah dan tidak menghilang juga, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter kecantikan.

4.   Jerawat Hormonal
Untuk jerawat jenis ini adalah biasanya banyak terjadi pada usia pubertas. Untuk perempuan biasanya jerawat ini tumbuh ketika akan menstruasi. Jerawat ini disebabkan karena banyaknya minyak yang dihasilkan pada hormon. Minyak tersebut mengalami penumpukan diwajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga timbulah jerawat ini. Pada perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi, maka bisa juga akan timbul jerawat jenis ini. Maka dari itu, pilihlah pil yang menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. 

Cara mengatasi jerawat hormonal adalah dengan menggunakan co-cyprindiol untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh. Selain itu juga lebih baik konsultasikan pada dokter kecantikan agar mendapatkan hasil yang baik. Jika tidak ingin dibawa kemana-mana maka gunakanlah perawatan alami seperti memakai maker dengan bahan alami. 

5.   Jerawat Tipe Blackhead 
Jerawat pada tipe ini adalah jerawat seperti komedo dan bewarna gelap. Biasanya jerawat ini banyak terjadi pada wajah dan leher. Pada daerah wajah, jerawat tipe ini banyak terjadi pada dahi, hidung dan dagu. Jerawat ini terjadi ketika pori-pori terbuka lalu sel-sel kulit mati bereaksi dengan oksigen di udara sehingga membuat warnanya menjadi hitam.

Cara mengatasi jerawat ini adalah dengan menghilangkan komedo pada wajah. Banyak sekali produk angkat komedo dipasaran. Tetapi jika kulit kalian sensitive maka lebih baik gunakanlah masker wajah yang sifatnya bisa mengangkat komedo pada wajah. Lebih baik gunakanlah masker yang cocok dengan kulit wajah anda.

6.   Jerawat Tipe Whitehead
Sesuai dengan namanya, jerawat ini bewarna putih. Jerawat ini kebanyakan timbul pada wajah secara banyak. Namun, ada juga jerawat ini timbul satu demi satu. Penyebab dari jerawat ini adalah karena banyaknya kototran pada wajah, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga munculah jerawat ini. Jerawat ini membuat para penderitanya gemas untuk memecetnya, padahal jerawat tidak boleh dipencet. Karena akan membuat jerawat semakin parah dan meradang. 

Cara mengatasi jerawat ini adalah dengan tidak memencetnya. Jerawat ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi dengan syarat tidak disentuh dan dipencet. Selain itu juga, menggunakan masker wajah juga dapat mengatasi jerawat ini.

Diatas tadi, adalah penjelasan beberapa dari jenis jerawat. Dengan mengetahui jenis jerawat dan cara mengatasinya semoga jerawat yang anda derita segera sembuh. Jangan kebanyakan makan atau minum yang bisa menimbulkan jerawat. Lebih baik, terapkan pola hidup yang sehat serta jaga pola makan agar jerawat tidak hinggap pada wajah. Selain itu juga jika menggunakan masker alami, maka gunakanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel