Inilah Dampak Merokok Bagi Kesehatan

Pasti banyak diantara kita sudah mendengar dan melihat larangan merokok dimana-mana. Merokok adalah kegiatan menghisap rokok. Mungkin kegiatan merokok ini sudah tidak bisa dihilangkan bagi mereka yang sudah menjadi kebiasaan. Orang yang sudah kebiasaan merokok, maka jika sehari tidak merokok akan terasa ada yang kurang. Biasanya orang yang merokok ditemani dengan secangkir kopi. Ada yang merokok pada pagi hari maupun malam hari, tergantung orang yang merokok. 

Inilah dampak merokok bagi kesehatan

Sebenarnya pada kemasan rokok sudah ditulisi bahwa rokok ini berbahaya bagi tubuh. Tetapi, masih banyak yang menggunakannya. Apalagi para lelaki, banyak yang bilang kalau merokok ini membuat semakin tampak laki-lakinya. 

Memang apa saja dampak yang ditimbulkan ketika seseorang merokok? Dan apa dampak merokok bagi kesehatan? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

1.   Penyakit Paru-Paru
Dampak yang ditimbulkan merokok adalah dapat menyebabkan kanker paru-paru. Hal ini disebabkan karena dalam rokok terdapat kandungan TAR. TAR adalah cairan yang dihasilkan pada saat proses distalasi kayu dan arang dan juga getah tembakau. Biasanya cairan yang dihasilkan adalah bewarna coklat tua atau hitam dan terksturnya kental. Selain itu, asap rokok yang dihisap dan masuk pada paru-paru dapat menyebabkan bronchitis, radang dan pneumonia. Zat nikotin pada rokok juga dapat merusak sel-sel pada paru-paru  yang dapat berisiko terjadinya kanker paru-paru.

2.   Bau Mulut dan Gigi Kuning
Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut dan gigi menjadi bewarna kuning. Apalagi jika sudah merokok dalam waktu yang lama, pasti membuat gigi anda menjadi sangat kuning dan bau mulut seperti rokok. Selain itu juga, merokok juga dapat membuat gigi menjadi keropos. Warna kuning pada gigi disebabkan karena adanya partikel yang terdapat pada rokok sigaret. 

3.   Dapat Menimbulkan Penyakit Jantung
Dampak selanjutnya yang ditimbulkan akibat merokok adalah penyakit jantung. Kandungan nikotin pada rokok ketika dihisap maka akan mengurangi oksigen yang masuk dalam darah. Selain itu juga zat ini dapat mempercepat detak jantung, merusak pembuluh darah jantung, serta dapat membuat gumpalan darah yang dapat berisiko terjadinya serangan jantung.  Zat nikotin ini dapat membuat penumpukan plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. 

4.   Dapat Menyebabkan Kulit Keriput
Orang yang sudah merokok dalam jangka waktu panjang, maka akan terlihat kulitnya keriput. Padahal usiaya masih muda, tetapi kulitnya sudah keriput. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya oksigen pada kulit. Yang paling kelihatan adalah pada wajah, disekitar mata akan terlihat keriput. Kadungan radikal bebas pada rokok juga dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering. Selain itu juga, merokok juga dapat membuat terganggunya nutrisi yang masuk dalam kulit. Sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak sehat.

5.   Kerapuhan Pada Tulang
Dampak yang lainnya akibat merokok adalah kerapuhan pada tulang. Hal ini disebabkan karena adanya zat yang tidak baik pada rokok.  Orang yang merokok dapat berisiko terjadinya osteoporosis atau tulang rapuh. Merokok membuat terhentinya kerja sel-sel konstruksi pada tulang.  Sehingga membuat tulang semakin menjadi rapuh. Selain itu juga, merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berfungsi menjaga tulang tetap kuat contohnya adalah hormone estrogen. 

6.   Mengganggu Kesuburan
Merokok juga dapat mengganggu kesuburan. Jika perokok adalah laki-laki maka dapat mengurangi produksi sperma, menyebabkan impotensi dan bahkan dapat berisiko terjadinya kanker testis. Jika perokok adalah wanita, maka dapat menganggu kesuburan pada wanita tersebut dan bahkan berisiko terjadinya kanker serviks.

Itulah tadi beberapa dampak merokok bagi kesehatan. Sebaiknya jaga tubuh anda tetap sehat agar hari-hari yang anda jalani tetap bahagia. Karena sakit pada tubuh menyebabkan hari-hari anda tidak bahagia. Tetap selalu jaa pola makan dan olahraga agar tetap sehat. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel