Inilah Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Tahu

Menangis adalah salah satu cara pelampiasan rasa kesedihan. Bila hati terluka biasa orang akan refleks mengeluarkan air mata. Entah itu sakit fisik maupun sakit batin. Padahal dari lahir manusia itu sudah menangis. Air mata terdiri dari 3 macam. Jenis air mata yang pertama yaitu air mata basal. Air mata ini berfungsi melindungi dan memelihara mata. Jenis yang kedua yaitu air mata refleks, air mata ini berfungsi melindungi mata dari angin,asap. Jenis air mata yang ketiga yaitu air mata emosi, air mata ini berasal dari emosi yang tercurahkan.

inilah manfaat menangis untuk kesehatan yang perlu kamu tahu

Banyak orang yang menyatakan bahwa orang yang sering menangis itu orang yang lemah. Padahal setiap orang itu pasti pernah menangis, karena menangis itu dapat membuat hati merasa lega. 

Tetapi apakah anda tahu bahwa menangis itu mempunyai manfaat untuk kesehatan? 

Mau tahu apa saja manfaat menangis untuk kesehatan? 

Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini!

1.   Membersihkan Kotoran Pada Mata
Menangis ternyata dapat membantu membersihkan kotoran pada mata. Hal ini berdasarkan fakta yang ada, karena bila menangis maka air mata yang keluar akan membersihkan mata dari kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan cuci mata dari luar. Selain itu, air mata juga dapat membuat mata anda terhindar dari mata kering. Didalam air mata terdapat cairan lysozyme yang dapat menjaga kebersihan pada mata.

2.   Membantu Meredakan Rasa Sakit
Ketika tubuh anda terluka, seperti kegores ataupun mengeluarkan darah maka otomatis air mata akan keluar dari mata anda. Hal tersebut terjadi karena anda merasakan rasa sakit. Air mata ini keluar tak hanya sebagai bentuk akibat dari rasa sakit yang anda derita. Tetapi air mata ini keluar juga dapat membantu anda meredakan rasa sakit walupun itu sedikit. Tak selamanya rasa sakit itu karena terluka yang berasal dari luar. Ketika anda merasakan sakit hati, anda juga dapat menangis untuk membantu meredakan rasa sakit anda.

3.   Membantu Bayi Tidur Lebih Cepat
Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika bayi menangis maka dapat membuat bayi tersebut tidur dengan nyenyak. Selain itu juga, menangis juga dapat meningkatkan kuliatas tidur pada bayi. Pada orang dewasa, belum ada penelitian bahwa menangis dapat mempercepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi, berdasarkan fakta ketika anda selesai menangis dalam waktu yang lama maka mata anda akan sembab. Dan ketika mata anda sembab anda akan merasakan kantuk sehingga anda akan tidur. Tetapi, tidak semua orang mungkin mengalami mata sembab ini. Mungkin ada yang setelah menangis panjang matanya tidak sembab. Sehingga cenderung orang tersebut tidak merasakan kantuk.

Baca Juga :

4.   Membantu Mengurangi Stres
Selain bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, menangis juga dapat membantu mengurangi stres. Bila anda sedang merasakan tertekan dan membuat anda semakin stres, maka salah satu solusinya adalah menangis. Karena menangis ini adalah cara melampiaskan emosi dan rasa tertekan pada dalam diri anda. Air mata yang kamu keluarkan ketika anda sedang stress ini adalah air mata emosional. Selain itu juga, pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menangis dapat merangsang hormon endrofin  yang membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik. 

5.   Meningkatkan Semangat
Manfaat yang satu ini berdasarkan fakta yang ada. Memang benar menangis itu bentuk perasaan yang sedang sakit. Tetapi setelah anda menangis, anda akan merasakan kelegaan pada perasaan anda. setelah anda merasa lega, anda akan memiliki semangat kembali untuk bangkit. Tetapi siklus menangis ini tergantung pada diri anda sendiri. Ada yang menangis dalam waktu jangka panjang, baru merasakan semangat kembali. Ada juga yang cepat pulih kembali. Tetapi pada dasarnya menangis dapat membuat anda kembali semangat, bila anda mempunyai kemauan untuk bangkit.

Dari beberapa penjelasan diatas sudah dikatakan bahwa menangis ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan anda. apalagi untuk kesehatan jiwa anda. Tetapi ini tergantung pada diri anda sendiri. Bila anda menangis terus menerus, hal ini juga tidak baik untuk diri anda. Menangislah jika anda mempunyai rasa sakit, tetapi jangan berlama-lama. Cepatlah bangkit dn semangat menjalani hidup. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel