Yuk Kenali Gula Darah Dalam Tubuh

Penyakit diabetes sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sekarang ini banyak sekali orang yang memiliki penyakit diabetes. Baik itu karena keturunan maupun karena pola hidup yang tidak sehat. Penyebab dari diabetes ini adalah gula darah dalam tubuh sangat tinggi. 

kenali gula darah dalam tubuh

Gula darah adalah glukosa yang berada didalam darah. Gula darah ini bila tinggi akan membahayakan tubuh. Dan bila gula darah ini rendah juga tidak baik untuk tubuh. Gula darah bisa rendah dan tinggi berdasarkan pola hidup dan juga kondisi tubuh. Bila pola hidup tidak sehat, seperti suka makan junkfood atau suka minuman yang banyak mengandung pemanis buatan maka hal ini dapat membuat gula darah dalam tubuh anda semakin tinggi. Hal inilah yang membuat anda mengidap penyakit diabetes.

Gula Darah Normal

Lalu berapakah gula darah normal? Dan bagaimana kita bisa mengetahui gula darah kita normal atau tidak? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Sebelum menjelaskan kisaran gula darah normal yuk lebih baik kita ketahui proses terbentuknya gula darah ini. Gula darah ini terbentuk pada sistem pencernaan yang mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang akan diserap oleh darah. Lalu glukosa yang sudah diserap oleh darah ini akan dierdarkan ke sel-sel tubuh untuk mengubah menjadi energi. Sebelum masuk ke sel-sel ini gula terlebih dahulu melewati insulin. Insulin ini dihasilkan melalui pankreas. Setelah gula dapat masuk ke sel tubuh, maka energi baru bisa digunakan. Sisa gula disimpan pada hati dan akan digunakan pada keesokan harinya. 

Kadar gula normal pada tubuh adalah
  1. Gula darah sebelum makan : 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan : kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah puasa (±8 jam ) : kurang dar 100 mg/Dl
  4. Saat mau tidur 100-140 mg/dL

Nah itu tadi adalah kadar gula darah normal pada tubuh manusia. Biasanya untuk mengukur kadar gula darah dalam tubuh menggunakan alat cek gula darah atau blood glucose meter. Alat tersebut sudah diperjualbelikan dibanyak tempat. Merknya pun berbagai macam. 

Selanjutnya yuk kita pelajari gejala yang terjadi bila seseorang mengalami gula darah tinggi. Sebutan lain untuk orang yang mengalami gula darah tinggi adalah hiperglikemia. 

Gejala Gula Darah Tinggi

1.   Sering buang air kecil
Biasanya orang yang sedang mengalami gula darah tinggi mereka akan cenderung sering buang air kecil. 

2.   Merasa haus
Gejala lainnya adalah merasa haus. Gula darah tinggi menyebabkan penderita akan serig merasa haus. Hal ini disebabkan karena gula darah tinggi masuk ke ginjal dan urine. Sehingga mengakibatkan penderita merasa haus meskipun sudah cukup minum.

3.   Berat Badan Turun
Bila sedang mengalami gula darah tinggi, maka berat badan akan cenderung turun. Ini terjadi disebabkan karena sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan. Sehingga membuat tubuh membakar otot dan lemak dalam tubuh.

4.   Tubuh Lelah
Tubuh cenderung lelah pada saat gula darah tinggi, disebabkan ketidakseimbangan tingkat glukosa darah dengan insulin yang beredar dalam tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh cenderung cepat lelah.

5.   Nafsu Makan Tinggi
Gula darah tinggi menyebabkan tubuh tidak bisa menggunakan gula untuk membentuk energi , hal ini menyebabkan seseorang menjadi cepat lemas. Sehingga tubuh akan mengirimkan pesan ke otak untuk meningkatkan nafsu makan dengan menimbulkan rasa lapar. 

Diatas tadi sudah dijelaskan mengenai gejala dari gula darah yang tinggi. Nah sekarang yuk kita kenali gejala dari gula darah yang rendah atau biasa disebut hipoglikemia!

Baca Juga :

Gejala Gula Darah Rendah

1.   Mudah Marah
Profesor kimia biologi di Imperial College London Jeremy Nicholson  mengatakan pada saat gula darah menurun, maka hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih agresif. Karena fungsi otak tidak bisa berjalan dengan lancar jika kebutuhan glukosanya kurang. 

2.   Gemetar
Gejala lainnya adalah penedrita akan mengalami gemetar. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan glukosa untuk dibakar sebagai bahan bakar membentuk energi. Sehingga tubuh akan gemetar.

3.   Jantung Berdebar Kencang
Biasanya hiploglikemia ini sering terjadi pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena kurangnya makan atau kalori yang membuat jantung berdebar sangat kencang. Bila tidak segera ditangai maka dapat membuat kondisi penderita semakin parah.

4.   Keringat Dingin
Pada saat anda sedang mengalami gula darah rendah atau hipoglikemia, maka anda akan timbul gejala keringat dingin. Biasanya keringat dingin ini sering muncul dibagian leher.

5.   Pusing
Gula darah rendah akan menyebabkan penderita akan menimbulkan gejala pusing. Gula darah rendah ini bisa disebabkan karena banyak produksi insulin oleh pankreas. Sehingga membuat penderita akan mengalami pusing bahkan bisa membuat penderita sakit kepala

Lalu bagaimana cara menangani seseorang yang mengalami gula darah tinggi maupun rendah? 

Nah untuk lebih jelasnya bagaimana cara menanganinya simak penjelasan dibawah ini!

Penanganan Gula Darah Rendah

Bila seseorang sudah mengalami gejala gula darah rendah dan ketika dicek menggunakan alat gula darah ternyata rendah, maka penanganan yang mudah adalah dengan mengonsumsi air gula atau permen. Selain itu, juga bisa mengonsumsi karbohidrat yang bisa cepat diubah menjadi gula. Seperti biskuit atau roti lapis. Bila seseorang sudah mengalami gula darah rendah yang sudah berat, maka sebaiknya langsung bawa penderita ke rumah sakit agar mendapatkan penganganan segera.

Penanganan Gula Darah Tinggi

Jika seseorang sudah mengalami gejala gula darah tinggi atau saat dicek dengan alat cek gula darah ternyata gula darah tinggi, maka sebaikya lakukan suntik insulin. Tetapi biasanya suntik insulin ini diberikan pada penderita yang sudah terkena diabetes. Selanjutnya anda juga bisa melakukan minum air putih. Karena pada gejala gula darah tinggi penderita akan cenderung merasa haus, maka minum air putih adalah solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Air yang diminum ini akan menetralisir kelebihan gula dalam darah, yang selanjutnya akan dibuang melalui urine. Tetapi bila seseorang sudah mengalami gula darah tinggi yang berat, maka sebaiknya segera bawa ke rumah sakit agar segera mendapatkan penganan yang lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel