Sering Makan Mie Instan? Yuk Kenali Akibat Sering Makan Mie Instan

Bagi para anak kos, makan mie instan adalah hal yang membahagian. Karena selain murah,pembuatannya pun sangat praktis. Dan sekarang ini mie instan penuh berbagai rasa, mulai dari yang goreng, rebus,pedas dan lain sebagainya. Biasanya yang sering memakan mie instan ini adalah para anak kos. Apalagi bila sudah tanggal tua hehe. 

Padahal perlu kalian ketahui bahwa makan mie instan itu termasuk hal yang bisa merusak tubuh kalian. Apalagi ditambah dengan sering begadang,minum kopi,merokok,tidak olahraga. Hal tersebutlah yang bisa membuat tubuh anda menjadi rusak. Jika pola hidup yang buruk, maka akan dampak pada rusaknya tubuh.

sering makan mie instan? yuk kenali akibat sering makan mie instan

Mie instan buruk untuk tubuh karena dalam mie instan ini terdapat pengawet kimia. Pengawet kimia inilah yang membahayakan tubuh

Maka dari itu, yuk simak penjelasan akibat dari seringnya makan mie instan dibawah ini!

1.   Obesitas
Akibat dari sering makan mie instan adalah dapat menyebabkan obesitas. Setelah kamu makan mie instan, kamu akan memang merasa kenyang. Tetapi setelah kenyang, kamu akan cenderung ingin makan lagi dan lagi. Hal inilah yang  menyebabkan kamu semakin gemuk dan bahkan obesitas. Mie instan juga mempunyai kalori serta karbohidrat yang tinggi. Apalagi bila dikonsumsi dengan menggunakan nasi. karbohidratnya double. Dan sering kali juga mie instan ini dimakan saat malam hari. hal inilah yang menyebabkan berat badan anda menjadi bertambah terus.

2.   Risiko Kanker
Akibat yang selanjutnya dapat berisiko mempunyai kanker. Hal ini disebabkan karena mie instan mempunyai pengawet kimia yang tinggi. Pengawet kimia ini mempunyai  sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker ini berkembang. Jika kamu mengonsumsi mie ini menggunakan sterofoam maka dapat membuat sel kanker ini lebih cepat berkembang. Karena bahan kimia dicampur dengan wadah yang berbahaya.

3.   Risiko Terkena Gagal Ginjal
Selain dapat berisiko terkena kanker, makan mie instan juga dapat berisiko terkena gagal ginjal. Ini dikarenakan mie instan mempunyai proplene glycol yang sangat berbahaya untuk tubuh apalagi organ ginjal. Zat itu dapat membuat kerja ginjal menjadi terganggu. Jika sering memakan mie instan ini dan dalam jangka waktu lama maka dapat membuat ginjal anda semakin buruk dan anda dapat berisiko terkena gagal ginjal.

4.   Merusak Organ Hati
Sering makan mie instan juga dapat membuat organ hati menjadi rusak. Karena dalam mie instan ini terdapat bahan yaitu bernama Humektan. Bahan ini berperan dalam mie instan sebagai bahan anti beku. Bahan inilah yang berisiko membuat organ hati anda menjadi rusak. Apalagi bila mengonsumsi mie instan setiap hari. humektan ini sebenarnya berfungsi agar mie cepat kering. Tetapi jika kandungan ini sangat banyak masuk kedalam tubuh, maka dapat membahayakan. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya organ hati. Selain itu juga, dapat membuat sistem kekbalan tubuh anda menjadi turun. 

Baca Juga :

5.   Menganggu Siklus Menstruasi
Untuk para perempuan, jangan sering makan mie instan. Hal ini dikarenakan mie instan ini dapat menganggu siklus menstruasi anda. dalam mie instan terdapat kandungan sodium yang dapat mengganggu hormon siklus menstruasi. Selain itu juga, hormon yang terganggu ini juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah anda. 

Nah, diatas tadi sudah dijelaskan mengenai akibat sering makan mie instan. Lalu apakah ada cara untuk mengatasi bahaya makan mie instan? 

Untuk mengatasinya, maka anda dapat membuang air rebusan pertama pada mie instan ini. Lalu rebus kembali mie instan menggunakan air ayang baru. Karena pada air rebusan pertama ini mengandung bahan pengawet, sehingga lebih baik dibuang.

Jika anda ingin mengonsumsi mie instan lebih baik jangan terlalu sering, karena dapat membuat tubuh anda menjadi rusak. Selain itu juga jangan mengonsumsi mie instan pada tengah malam dan dicampur dengan nasi. Jika lapar dan ingin sekali makan yang instan, maka anda dapat mengganti dengan makan buah-buahan.  Karena itu lebih menyahatkan untuk tubuh anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel