Akibat Banyak Mengonsumsi Garam

Garam salah satu pelengkap bahan makanan yang harus diberikan ketika sedang memasak. Kata orang masak tanpa garam itu hambar. Dan memang bila kita sedang memasak lauk, tanpa diberi garam itu akan membuat makanan itu terasa hambar. 

akibat banyak mengonsumsi garam

Garam ini sebenarnya terdiri berbagai macam. Mulai dari garam dapur, garam meja, garam himalaya, dan lain sebagainya. Tetapi yang paling sering digunakan adalah garam dapur. selain sebagai penyedap makanan, garam ini juga bisa digunakan untuk menjaga ketahanan makanan. Tidak heran bila banyak orang yang banyak sekali mengonsumsi garam tanpa mereka sadari.

Dan kadang juga ada orang yang suka dengan makanan asin. Dan itulah salah satu penyebab dari konsumsinya garam yang tinggi. 

Sebenarnya ada apakah bila mengonsumsi garam terlalu banyak? Yuk lebih jelasnya kita simak penjelasnyannya dibawah ini!

1.   Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi
Banyaknya mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang akan mudah mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena garam dapat menaham air sehingga akan membuat jantung memompa lebih keras. Sehingga hal inilah yang menyebabkan seseorang terkena darah tinggi akibat banyak mengonsumsi garam.

2.   Memicu Penyakit Jantung
Diatas tadi sudah dijelaskan bahwa banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Salah satu pemicu dari penyekit jantung adalah terkena darah tinggi. Hal inilah yang terjadi bila banyak mengonsumsi banyak garam. Selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, juga dapat memicu penyakit jantung. Ketika sudah terkena darah tinggi, maka akan membuat banyak tekanan pada organ tubuh. Sehingga dapat membuat penyakit jantung hingga dapat membuat seseorang terkena stroke.

3.   Kanker Lambung
Selain dapat menimbulkan jantung dan tekanan darah, banyak mengonsumsi garam juga dapat menyebabkan kanker lambung. Setidaknya satu hari orang mengonsumsi garam 5 gram atau sama dengan satu sendok teh. Selain dapat membuat orang terkena risiko kanker lambung, banyak konsumsi garam juga dapat membuat penyakit perut lainnya, contohnya adalah penyakit asam lambung naik atau dikenal dengan istilah maag.

Baca Juga :

4.   Masalah Ginjal
Akibat selanjutnya sering mengonsumsi garam adalah dapat memicu masalah pada ginjal. Orang yang setiap hari banyak mengonsumsi garam, dapat memicu risiko seseorang terjadi gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena tingginya natruim dalam darah akibat dari konsumsi garam yang berlebih. Natrium ini didapatkan pada garam. Ketika seseorang banyak mengonsumsi garam, maka orang tersebut akan cenderung sering buang air kecil. Karena tubuh orang tersebut mencoba untuk mencairkan natrium dalah tubuh. 

Pada saat kamu sering mengonsumsi air putih, maka darah akan disaring pada ginjal untuk mendapatkan air dalam darah. Tetapi, pada saat tubuh banyak natrium, maka ginjal akan membuang air lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan seseorang terkena darah tinggi. Ketika tekanan darah dalam tubuhmu meningkat, maka membuat tekanan pada pembuluh darah arteri yang menuju ke ginjal menjadi tinggi, sehingga dapat memicu terjadinya gagal ginjal. 

5.   Risiko Terkena Osteoporosis
Terkadang orang ketika masak tanpa mereka sadari memasukkan garam yang banyak pada masakan mereka. Hal ini dikarenakan untuk membuat masakan tersebut lebih sedap. Tapi mereka tidak menyadari apa dampak banyaknya garam yang mereka tuang tersebut ketika di konsumsi pada seseorang. Banyaknya mengonsumsi garam juga dapat membuat orang risiko terkena osteoporosis.

Tingginya garam dalam tubuh, dapat membuat seseorang kekurangan kalsium. Ini disebabkan karena 
kalsium banyak terbuang ketika seseorang buang air kecil dan ketika tubuh kurang kalsium, maka membuat tubuh mengambil dari tulang. Sehingga bisa menyebabkan seseorang terkena osteoporosis.

Diatas tadi sudah dijelaskan mengenai akibat dari banyaknya mengonsumsi garam. Sekarang sudah pada faham kan apa saja dampaknya? Nah, kalau sudah faham maka lebih baik jaga kondisi tubuh anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memang mengonsumsi makanan tanpa garam itu terasa hambar sekali. Lebih baik konsumsi garam sewajarnya saja, agar tubuh anda tetap dalam kondisi sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel