Fungsi Organ Lambung Pada Manusia

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi penting. Lambung sangat penting pada sistem pencernaan manusia. Maka tidak heran bila terjadi masalah pada lambung,maka pada sistem pencernaan juga akan mengalami masalah. Pada saat makanan sudah dilambung, maka makanan sudah melewati sistem pencernaan di mulut. 

fungsi organ lambung pada manusia

Organ lambung pada tubuh manusia terletak pada sebelah kiri perut tepatnya bagian atas. Lambung mempunyai dua ujung, ujung atas dan ujung bawah. Pada ujung atasnya terhubung kerongkongan atau biasa disebut dengan esofagus. Daerah yang menyambung kerongkongan dan lambung disebut katup gastroesofageal. Sedangkan pada ujung bawahnya menyambung pada usus halus. Daerah yang menyambung usus halus dan lambung adalah usus dua belas jari atau duodenum.

Organ lambung ini bekerja secara kimiawi dan mekanik. Untuk proses pencernaan secara kimiawi yaitu makanan dicerna menggunakan bantuan enzim-enzim yang disekresikan kelenjar dinding lambung. Sedangkan proses pencernaan mekanik yaitu makanan dicerna dengan menggunakan otot lambung melalui gerak peristaltik.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai fungsi lambung dibawah ini!

1.   Mencerna Makanan
Fungsi lambung adalah dapat mencerna makanan. Diatas tadi sudah disebutkan bahwa proses pencernaan pada lambung terdiri dari 2 proses yaitu secara mekanik dan kimiawi. Proses mekanik yaitu proses mencerna dengan menggunakan otot lambung yang melalui gerakan peristaltik. Proses pencernaan ini yaitu dengan mengaduk, mencampur makanan menggunakan getah lambung. Biasanya pada proses ini berlangsung selama 3 jam. Setelah itu makanan akan menjadi bubur atau kimus (chyme). Pada proses kimiawi lambung mencerna makanan menggunakan enzim-enzim yang telah disekresikan kelenjar dinding lambung. Enzim yang berada di lambung yaitu enzim pepsin, lipase, HCL atau asam klorida, dan renin. Enzim pepsin berfungsi sebagai mengubah protein menjadi pepton. Enzim lipase berfungsi sebagai mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Asam klodira atau HCL berfungsi membunuh mikroorganisme patogen dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Enzim renin berfungsi sebagai mengedapkan protein susu menjadi kasein.  Enzim pada lambung ini memecah lemak, protein dan karbohidrat yang besar menjadi molekul yang lebih kecil.

2.   Sebagai Penyimpan Makanan Sementara
Setelah melalui pencernaan pada mulut, makanan akan lewat pada esofagus dan menuju ke lambung untuk disimpan sementara. Sebagian makanan akan langsung dicerna oleh lambung, tetapi sebagian lagi akan disimpan sementara. Lambung dapat menyimpan makanan kurang lebih satu liter makanan dalam sekali makan. Selain itu makanan dalam lambung biasanya akan disimpan sementara selama 2 jam atau bisa lebih. Lama penyimpanan ini tegantung dari apa yang kita konsumsi. Makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat sedangkan makanan yang tinggi protein dan lemak akan lama dicerna oleh lambung.

Baca Juga :

3.   Mengontrol Hormon
Fungsi lambung selanjutnya adalah mengontrol hormon. Lambung juga memproduksi beberapa hormon, diantaranya adalah hormon ghrelin dan  gastrin. Hormon ghrelin dalam lambung berfungsi sebagai pemberi sinyal kepada hipotalamus saat tubuh merasa lapar dan energi berkurang. Hormon ini diproduksi pada kelenjar oksintik mukosa yang keberadaanya tersebar pada lambung. Sedangkan pada hormon gastrin berfungsi sebagai perangsang sekresi asam lambung. Hormon ini diproduksi pada dinding lambung yang  dihasilkan oleh sel G. 

4.   Membunuh Mikroorganisme 
Lambung juga berfungsi membunuh mikroorganisme. Hal ini terjadi karena lambung dapat menghasilkan HCL atau asam klorida yang dapat membunuh mikroorganisme patogen yang dapat membahayakan tubuh. Mikroorganisme patogen ini bisa saja masuk ke tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Jika mikroorganisme ini tidak dibunuh dalam tubuh, maka dapat menimbulkan penyakit.  Bila mikroorganisme ini dibunuh, maka tubuh kita akan terlindungi. 

5.   Dapat Meredakan Bahaya Asam Lambung
Fungsi selanjutnya adalah dapat meredakan bahaya asam lambung. Sudah banyak orang tahu bahwa dalam lapisan mukosa lambung ,terdapat sel goblet. Sel goblet berfungsi mensekresikan lendir bikarbonat yang bersifat basa ke lapisan paling luar lambung. Hal ini bertujuan agar lambung tidak rusak akibat aktivitas asam lambung dan enzim pepsin. 

Diatas sudah dijelaskan mengenai beberapa fungsi lambung. Semoga bila kita mengetahui fungsi lambung secara mendalam dapat menjadikan kita lebih semangat menjaga tubuh kita dan kesehatan lambung. Tetap selalu jaga kesehatan dan terapkan pola hidup sehat. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel