Yuk Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi

Gula mempunyai peran penting dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan bila seseorang sedang mengalami tekanan darah rendah, gula inilah yang akan membuat darah kembali normal. Akan tetapi bila seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan ternyata juga menyebabkan hal yang tidak baik untuk tubuh manusia. Sebenarnya penyebab gula darah tinggi itu bermacam-macam. Bila seseorang mempunyai gula darah tinggi, maka itu sudah termasuk indikasi bahwa seseorang tersebut terkena diabetes.

yuk kenali penyebab gula darah tinggi

Gula darah tinggi ini biasa disebut dengan hiperglikemia. Hiperglikemia adalah kondisi dimana gula dalam plasma darah tinggi. Biasanya pada penderita diabetes hal ini sering terjadi. Tetapi bila hal ini tidak segera diobati, maka dapat membahayakan tubuh. Maka dari itu, yuk kenali penyebab gula darah dalam tubuh menjadi tinggi!

1.   Stres
Salah satu penyebab gula darah anda menjadi tinggi adalah stres. Bahkan stres ini tidak hanya membuat gula darah anda menjadi tinggi, tetapi juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Stres dapat meningkatkan gula darah, karena stres ini dapat menimbulkan kadar insulin dalam tubuh anda menjadi tinggi. Bila kadar insulin dalam tubuh anda menjadi tinggi, maka otomatis gula darah dalam tubuh anda juga menjadi tinggi.

2.   Dehidrasi
Penyebab selanjutnya adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu gula darah dalam tubuh anda menjadi tinggi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Bila tubuh kekurangan cairan, maka gula darah dalam tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan aliran darah dalam tubuh kekurangan cairan sehingga akan mengental. Sebaiknya orang minum setiap hari 5-6 gelas setiap hari. Akan tetapi, bila seseorang tersebut lebih banyak melakukan aktivitas maka sebaiknya minum sesuai dengan kebutuhan. Bila seseorang dapat menjaga cairan dalam tubuh, maka dehidrasi ini tidak akan terjadi dan gula darah pun tidak akan menjadi tinggi.

3.   Tidur Yang Kurang
Biasanya orang yang sedang mengejar deadline tugas akan sering begadang. Hal ini menyebabkan orang tersebut kurang tidur. Padahal kurang tidur ini dapat menyebabkan gula darah menjadi tinggi. Kurang tidur dapat membuat orang tersebut menjadi gampang marah dan juga stres. Bila orang tersebut stres, maka kadar insulin dalam tubuh akan semakin meningkat. Inilah yang menyebabkan gula darah menjadi meningkat.

4.   Minum Atau Makan Dengan Pemanis Buatan
Salah satu penyebab dari gula darah tinggi adalah sering minum dan makan yang menggunakan pemanis buatan. Bila kita sering sekali minum atau makan dengan pemanis buatan maka itu tidak baik untuk tubuh kita. Hal tersebut dapat menyebabkan gula darah dalam tubuh anda menjadi tinggi. Apalagi bila seseorang sudah terkena diabetes, maka lebih baik harus diperhatikan lagi. Pemanis alami lebih baik daripada pemanis buatan. Akan tetapi jangan berlebihan dalam penggunaan gula. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, terlebih untuk kesehatan.

Baca Juga :
5.   Jarang Olahraga Atau Malas Bergerak
Orang yang malas melakukan aktivitas juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi generasi rebahan hehe. Banyak sekali orang yang mager alias malas bergerak. Bahkan untuk beli makan saja sekarang tidak perlu lag berjalan ke toko. Tinggal telfon barang langsung didepan rumah. Hal inilah yang dapat membuat gula darah dalam tubuh anda menjadi tinggi. Tubuh yang tidak sering dibuat olahraga atau beraktivitas dapat menyebabkan resistensi insulin. Inilah yang dapat membuat seseorang terkena diabetes insulin. Terlebih bila seseorang tersebut suka maka-makanan siap saji, merokok dan sering begadang. Bila kondisi itu terjadi dalam waktu yang panjang, dapat membuat gula darah anda semakin tinggi dan tubuh anda lama-kelamaan akan rusak.

Penjelasan diatas merupakan beberapa penyebab gula darah tinggi. Bila anda sudah mempunyai penyakit diabetes sebaiknya anda harus menjaga gula darah, agar gula darah anda tidak tinggi.
Jagalah selalu pola hidup anda dan pola makan agar tubuh tetap sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel