Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Sudah banyak orang mengetahui berbagai macam vitamin. Mulai dari vitamin A,B,C,D,E dan masih banyak lagi. Setiap jenis vitamin juga mempunyai fungsi masing-masing. Vitamin tidak hanya bisa ditemukan pada berbagai supermarket atau apotik. Tetapi juga terdapat pada buah. Dalam buah terdapat berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. 

Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan vitamin juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Contoh kecilnya adalah pada vitamin C. Vitamin ini paling banyak dijumpai pada buah jeruk. Khas vitamin ini adalah rasanya yang sedikit kecut. Tetapi vitamin C ini dapat meningkatkan imun tubuh. Sehingga sangat baik bila dikonsumsi oleh manusia agar tubuh tetap sehat dan tidak gampang terkena penyakit. 

Selain dapat meningkatkan imun tubuh, ada juga manfaat lainnya yang dimiliki oleh vitamin C. Mau tahu apa saja manfaat dari vitamin C? Untuk mengetahuinya yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1.   Menormalkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah sering kali naik turun, keadaan ini biasanya membuat penderita menjadi kefikiran terus menerus. Manfaat vitamin C salah satunya adalah dapat menormalkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi bisa kembali normal. Menurut penelitian mengatakan bahwa, mengonsumsi vitamin C dapat menurunkan tekanan darah sistolik 3,84 mmHg. Sedangkan pada tekanan darah diastolik dapat menurunkan 1,48 mmHg. Tetapi tekanan ini bisa turun untuk orang dewasa yang sehat. Untuk lebih tepatnya sebaiknya juga konsultasikan pada dokter agar lebih aman.

2.   Baik Untuk Kesehatan Kulit
Vitamin C ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Dalam kulit, vitamin C ini berperran sebagai anti radikal bebas. Kulit bisa saja terkena banyak sekali radikal bebas. Contoh radikal bebas adalah polusi, sinar matahari,debu dan masih banyak lagi. Jika banyak kotoran masuk dalam kulit, maka juga tidak baik untuk kulit. Bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering, dan pada wajah dapat menimbulkan jerawat. Vitamin C ini bisa mengobati kulit hanya pada bagian epidermis kulit saja. Dan sebaiknya jangan gunakan vitamin C ini secara berlebihan.

3.   Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Seringkali pada musim hujan, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi turun. Jika daya tahan tubuh turun, maka dapat membuat tubuh gampang sakit. Vitamin C ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh pada seseorang tinggi, maka orang tersebut tidak gampang sakit. Vitamin C dapat berperan sebagai pendorong produksi sel darah putih yang bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi. 

4.   Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
Manfaat selanjutnya mengomsumsi vitamin C ini adalah dapat membantu penyerapan zat besi ditubuh. Zat besi pada tubuh berfungsi sebagai pembuat sel darah merah dan juga mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu juga vitamin C ini dapat menyerap zat besi yang sulit diserap menjadi sangat mudah untuk diserap dalam tubuh. 

5.   Menurunkan Risiko Terjadinya Serangan Jantung
Penyakit serangan jantung ini adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Bahkan, banyak orang yang tidak tahu kalau berisiko terjadinya serangan jantung. Maka dari itu, untuk mencegah risiko terjadinya serangan jantung dapat mengonsumsi vitamin C. Yang menyebabkan serangan jantung salah satunya adalah adanya penebalan pada pembuluh darah arteri. Ketika mengonsumsi vitamin C, maka dapat mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri. Sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu juga, harus memperhatikan pola makan agar tubuh tetap selalu sehat.


Nah, diatas tadi adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi vitamin C. Vitamin ini sangat baik untuk tubuh, apalagi dikonsumsi pada saat musim hujan. Akan tetapi, bila anda mempunyai masalah lambung alangkah baiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Karena ada tubuh yang mau menerima vitamin C ini ada juga yang tidak. Itu semua tergantung dari kondisi tubuh dari masing-masing individu. Dan jangan mengonsumsi vitamin ini secara berlebihan itu juga tidak baik untuk tubuh.

Selain itu juga, jangan hanya mengonsumsi vitamin saja. Tetapi juga harus diimbangi dengan olahraga dan pola hidup yang sehat. Vitamin ini juga bisa ditemukan pada kandungan buah dan ada juga vitamin yang di perjualbelikan dalam bentuk kemasan. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa olahraga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel