Akibat Makan Makanan Pedas

Kata banyak orang, makan tanpa sambal itu rasanya sangat tidak enak. Apalagi orang yang daerahnya sudah terbiasa makan menggunakan sambal. Bahkan ada yang rela makan dengan nasi dan sambal saja daripada harus makan nasi dengan tempe. Sambal ini merupakan makanan pelengap nasi. 

akibat makan makanan pedas

Apalagi bila sudah disajikan dengan nasi panas dan ikan bakar, wah rasanya pasti enak sekali. 
Sambal terasa pedas karena berasal dari cabai. Apalagi kalau sudah pedas yang mempunyai level. Dari yang terendah sampai tingi. Semakin tinggi level, maka cabai yang digunakan juga semakin banyak.

Lalu apakah tidak apa-apa bila seseorang itu suka dengan pedas? Apakah tubuh nanti rusak atau tidak? Dan bagaimana bila seseorang sering makan pedas? Apakah aman untuk kesehatannya? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1.   Membuat Asam Lambung Menjadi Naik
Jika sering mengonsumsi makanan yang pedas, maka dapat membuat asam lambung menjadi naik. Apalagi bagi orang yang sudah memiliki penyakit lambung, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang pedas. Bila asam lambung naik sampai kerongkongan, maka dapat membuat kerongkongan menjadi rusak. Asam lambung yang meningkat juga dapat membuat lambung menjadi iritasi dan membuat tenggorokan menjadi panas. Selain itu juga, naiknya asam lambung ini dapat memicu terjadinya esofagitis atau bisa disebut dengan luka pada kerongkongan.

2.   Diare
Untuk masalah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ketika seseorang makan pedas, biasanya keesokan harinya dia akan mengalami diare. Tetapi tergantung pada kondisi masing-masing setiap individu. Ada individu yang setelah makan pedas tidak diare, tetapi ada juga yang baru makan pedas sedikit saja sudah diare. Itu tergantung dari tubuh masing-masing individu. Pedas dalam sistem pencernaan dapat memicu serabut saraf untuk memicu sensasi lainnya. Contohnya adalah memicu pergerakan usus yang menjadi semakin cepat. Inilah yang dapat menyebabkan seseorang diare setelah makan pedas. Bila kamu makan pedas sedikit saja sudah diare, maka jangan mengulaginya lagi karena itu tidak baik bagi lambungmu. 

3.   Insomnia
Sering makan pedas, juga dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Insomnia adalah kondisi dimana seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini disebabkan karena makanan pedas dapat membuat suhu tubuh menjadi meningkat. Ketika suhu tubuh meningkat, maka tubuh akan otomatis mengeluarkan keringat. Maka dari itu, setelah makan pedas, pasti akan berkeringat. Pada malam hari, tubuh melambatkan metabolisme sebelum tidur. jika kamu makan pedas sebelum tidur, kemungkinan kamu akan mengalami insomnia. Sebenarnya boleh mengonsumsi makanan pedas, tapi jangan terlalu sering dan pada jam malam. Ini akan membuat tubuhmu menjadi tidak sehat.

4.   Membuat Lidah Menjadi Mati Rasa
Bila sering mengonsumsi makanan pedas, maka dapat membuat lidah menjadi mati rasa. Karena makanan pedas dapat membuat penebalan pada lidah. Pada saat awal makan pedas, maka lidah akan terasa kebakar. Tapi seiring berjalannya waktu maka lidah akan mati rasa. Apalagi bila setiap hari makan pedas yang tidak wajar. Mati rasa yang dimaksud ini adalah, jika kalian sedang mengonsumsi makanan maka tidak terasa dilidah rasa asin, manis, maupun rasa pedas. Sungguh pasti tidak mengenakkan bukan? Maka dari itu jangan sering makan pedas bila tidak ingin lidah menjadi mati rasa. Dan sebaiknya makanlah makanan pedas yang sewajarnya saja.

Baca Juga :

5.   Menyebabkan Gastritis Akut
Efek selanjutnya yang terjadi ketika seseorang makan pedas adalah dapat membuat seseorang mengalami gastritis akut. Gastritis ini biasa disebut dengan radang lambung. Gejala yang muncul adalah sering mual, muntah, perut mengalami kembung, dan bahkan disertai diare. Bila sering makan pedas, maka dapat berisiko menimbulkan gastritis akut. Hal ini disebabkan karena makan pedas dapat menghasilkan rasa nyeri. Sehingga bila sering makan pedas, maka dapat memperparah rasa nyeri pada lambung dan bahkan dapat membuat peradangan pada mukosa lambung semakin parah.

Sudah dijelaskan beberapa efek samping ketika anda makan makanan pedas. Terlalu sering makan pedas juga tidak baik untuk tubuh. Boleh makan pedas, tapi jangan terlalu sering. Paling tidak seminggu makan 2-3 makanan pedas. Itupun dengan porsi pedas yang jangan terlalu tinggi. Selain dapat merusak lambung, juga dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat. Tetap selalu jaga kesehatan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel