Sakit Kepala Sebelah? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kepala anda terasa pusing dan terasa berat? Mungkin anda mengalami yang namanya sakit kepala. Sakit kepala adalah kondisi dimana kepala terasa nyeri, bisa mengalami nyeri ringan sampai dengan nyeri berat dan disebabkan oleh beberapa penyebab. Sakit kepala ini bisa terjadi pada seluruh bagian kepala. Tetapi ada juga yang sakit cuman sebelah saja.

sakit kepala sebelah? yuk kenali penyebab dan cara mengatasinya

Jika anda mengalami nyeri pada sebagian kepala  berarti itu adalah sakit kepala sebelah. Banyak sekali penyebab dari sakit kepala sebelah ini. Dan ada juga gejala dari sakit kepala ini adalah mual, muntah, terganggunya penglihatan, dan mudah sekali merasakan lelah. 

Agar lebih jelas mengenai penyebab sakit kepala sebelah ini yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Penyebab sakit kepala sebelah diantaranya adalah sebagai berikut

1.   Pola Hidup Tidak Sehat
Jika anda sering mengalami sakit kepala baik seluruh maupun sebagian, maka mungkin anda intropeksi diri anda dulu. Apakah ada yang salah dengan gaya hidup anda? coba diingat kembali pola hidup yang anda lakukan sehari-hari. pola hidup tidak sehat itu berupa sering begadang, makan makanan instan, sering minum bersoda, stres yang berkepanjangan. Contoh kecilnya adalah ketika anda suka begadang, maka anda akan kurang tidur. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala baik sebelah maupun menyeluruh. 

2.   Migrain
Migran adalah kondisi dimana anda merasakan sakit di kepala disertai berdenyut di satu wilayah tertentu. Biasanya migrain ini terjadi pada sebelah kepala saja. Migrain ini sering disertai gejala mual, penglihatan terganggu, muntah. Selain itu juga, migrain juga disebabkan cokelat dan keju. Hal ini disebabkan karena cokelat dan keju terdapat tyramine yaitu berupa asam amino yang bisa menyebabkan perubahan aliran pada darah sehingga terjadi migran. 

3.   Tumor Otak
Salah satu gejala adanya tumor otak adalah sakit kepala sebelah. Biasanya terjadi pada sebelah kanan sampai ke leher. Selain itu juga gejala lainnya adalah masalah bicara, penglihatan mulai kabur, sulit berjalan serta kebingungan. 

4.   Stroke 
Penyebab selanjutnya adalah stroke. Stroke adalah terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah sehingga pasokan darah ke otak terganggu. Bila anda merasakan sakit kepala secara mendadak dan parah mungkin bisa jadi itu adalah gejala stroke. Dan biasanya gejala stroke ini disertai gejala melemahnya anggota pada tubuh. Segeralah periksakan ke dokter agar tidak semakin parah.

5.   Alergi atau Infeksi
Bila anda mengalami sakit kepala sebelah, mungkin anda mengalami infeksi atau alergi pada tubuh anda. Jika tubuh anda mengalami infeksi umum seperti flu dapat membuat sakit kepala sebelah. Selain itu juga alergi juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala sebelah. Hal ini dikarenakan pada saat tubuh anda terjadi infeksi atau alergi  maka dapat membuat saluran pada sinus menyempit dan berakibat sakit kepala.

Baca Juga :

Nah diatas tadi sudah dijelaskan beberapa penyebab sakit kepala sebelah. Selanjutnya adalah mari kita bahas mengenai cara mengatasinya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

1.   Memijat Kepala Secara Pelan-Pelan
Jika anda merasakan sakit kepala sebelah, maka sebaiknya lakukanlah pemijatan secara pelan-pelan pada daerah yang sakit tersebut. Lakukanlah pemijatan selama 10-15 detik lalu lepas sebentar. Kemudian ulangi lagi pemijatannya sampai rasa sakit pada kepala menghilang. Selain itu anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat kepala anda, atau bisa juga dipijat sampai leher dengan tekanan sesuai dengan kemauan anda. Tapi perlu diingat lakukanlah dengan pelan-pelan agar tidak memperparah keadaan. Tapi bila sakit tidak segera hilang, maka anda bisa menggunakan cara yang lain atau bisa juga segera periksa ke dokter.

2.   Istirahat
Cara selanjutnya adalah dengan istirahat. Bila anda merasakan sakit kepala sebelah, maka sebaiknya carilah tempat duduk atau tempat tidur. lalu istirahatlah sejenak. Selain itu juga usahakan tempat yang anda gunakan untuk istirahat adalah tempat yang tenang. Agar tidak memperparah keadaan.

3.   Minum Air Putih Yang Banyak
Salah satu tanda bahwa terjadi dehidrasi pada tubuh adalah sakit kepala. Bila anda mengalami sakit kepala karena dehidrasi ini, maka sebaiknya anda segera minum air putih yang banyak. Agar sakit kepala segera berkurang.

4.   Tidur Cukup
Salah satu penyebab dari sakit kepala ini adalah kurangnya tidur. Bila penyebab dari kurang tidur, maka sebaiknya anda coba untuk tidur yang cukup. Karena bila memaksakan tubuh anda yang sakit kepala untuk melakukan aktivitas, maka bisa jadi akan memperparah tubuh anda bahkan juga bisa menganggu pekerjaan anda. Sebaiknya sehari tidur selama 7-8 jam.

5.   Mengelola Stres
Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh stres, maka dari itu untuk mengatasinya kelolalah stres anda. Karena bila bisa mengelola stres, maka dapat mengurangi rasa sakit kepala anda. Jadi usahakan jangan sedikit-sedikit dibuat stres. Jika terdapat masalah sebaiknya tanggapi dengan serius tapi santai agar stres tidak muncul dan membuat sakit kepala sebelah maupun seleruhnya.

Sekian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit kepala sebelah. Jagalah selalu kondisi tubuh agar tidak tidak merasakan sakit kepala. Dan usahakan kenalilah juga penyebab dari sakit kepala agar segera bisa ditangani. Bila kondisi sakit kepala sudah tidak normal seperti setiap hari merasaknnya, maka sebaiknya segera periksa ke dokter agar segera dapat penanganan yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel