Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Ditengah zaman yang serba modern ini, semua serba canggih. Semua serba menggunakan online. Dulu buku menggunakan kertas, tetapi sekarang dengan perkembangan zaman buku bisa online. Ujian sekolahpun juga sama sekarang bisa menggunakan online. Apalagi sekarang generasi muda suka sekali dengan makan makanan instan. Dan mungkin tidak menyentuh sayur sedikit pun. Hal inilah yang menjadikan mata mudah terkena minus. 

tips menjaga mata tetap sehat

Mata minus atau sering disebut dengan istilah miopi adalah kondisi dimana mata mengalami masalah ketika melihat benda yang jauh dan tidak mengalami masalah ketika melihat benda yang dekat. Hal ini disebabkan karena seringnya menonton TV dari dekat, main HP dari dekat membaca buku dekat, dan lain sebagainya.

Lalu apakah ada cara agar mata tetap terjaga kesehatannya? Dan terhindar dari miopi atau mata minus?

Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1.   Perhatikan Pencahayaan Yang Cukup
Ketika anda sedang membaca buku, maupun membaca chat di handphone maka alangkah baiknya perhatikan pencahayaan. Karena ketika anda membaca buku ditempat yang gelap atau pencahayaan yang kurang maka dapat membuat tergangguan kesehatan mata. Selain itu, ketika membaca di tempat yang redup juga membuat mata menjadi tegang. Dan itu tidak baik untuk kesehatan mata apalagi jika sering dilakukan. Dan bila terasa lelah membaca, maka istirahatkanlah mata sejenak. 

2.   Banyak Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan
Banyak beraktivitas menggunakan computer, leptop maupun handphone pasti sangat membuat mata anda menjadi cepat lelah. Dan mungkin bisa menganggu kesehatan mata anda. Untuk menjaga mata agar tetap sehat, maka banyaklah mengonsumsi buah dan sayur. Apalagi yang mengandung vitamin A. Hal ini dikarenakan vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan pada mata. Contohnya adalah dengan mengonsumsi wortel. Dalam wortel terdapat beta karoten yang mampu menjaga kesehatan pada mata.

3.   Istirahatkan Mata Ketika Sudah Lelah
Karena tuntutan pekerjaan maupun tugas yang mengharuskan anda menatap TV, leptop, computer, maupun handphone lebih lama maka lebih baik istirahatkanlah mata anda sejenak. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan pada mata anda. Ketika sudah menatap layar computer maupun leptop selama 30 menit, maka alihkan pandangan mata anda ke arah yang jauh. Paling tidak jaraknya 6 meter dari posisi anda dan lebih bagus lagi mengalihkannya ke tumbuhan yang warna hijau. Cukup istirahatkan mata anda selama 20-30 detik agar mata anda tidak mengalami ketegangan. Dan menganggu kesehatan pada mata.

4.   Hindari Kucek  Mata
Setelah lama menatap layar handphone maupun leptop biasanya anda akan cenderung kucek mata. Hal ini dikarenakan mata anda terasa gatal. Bisa jadi juga ketika anda melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, maka anda akan sering kucek mata menggunakan tangan. Hal ini perlu kalian hindari, karena ketika anda kucek mata maka akan membuat mata anda merah dan semakin gatal. Selain itu juga, hindari kucek mata ketika tangan kotor. Tangan yang kotor lalu kucek mata akan berisiko membuat mata menjadi terinfeksi dan hal ini bisa menyebabkan kesehatan mata menjadi terganggu.

Baca Juga :

5.   Rutin Periksa Mata
Semakin tambah tahun, maka teknologi semakin maju dan canggih. Hal ini juga berpengaruh pada kehidupan manusia. Yang dulu anak-anak suka bermain sepakbola dilapangan, sekarang lebih suka main HP di rumah dan bahkan sampai lupa dengan waktu. Untuk itu disarankan mulai dari usia anak-anak hingga lansia memeriksakan mata ke dokter spesialis mata. Paling tidak periksakan mata 2 tahun sekali pada masa anak-anak. Walaupun anak belum bisa membaca, anak tetap disarankan periksa ke dokter spesialis mata. Kegiatan ini dilakukan guna mendeteksi dini penyakit mata pada anak-anak. Selain itu juga untuk usia 40 tahun keatas, disarankan memeriksakan mata satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia seperti contohnya adalah katarak.

Menjaga itu lebih baik daripada mengobati. Maka jagalah mata anda selalu agar tidak mengalami gangguan mata. Dan lebih baik terapkan pola hidup sehat. Jangan paksakan mata ketika sudah mulai terasa lelah menghadap layar handphone terus. Maka istirahatkanlah sejenak mata anda agar tetap selalu terjaga kesehatannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel