Inilah Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui

Buah yang selalu ada dimusim apapun salah satunya adalah buah pisang. Selain harganya yang murah, buah ini juga gampang ditemui dimana saja. Buah ini juga mempunyai berbagai jenis, mulai dari pisang raja, pisang kepok, pisang hijau dan masih banyak lagi jenisnya. Pisang ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari kolak, nugget, pisang krispy dan lain sebagainya. Dibuat minuman pun juga bisa, mulai dari jus pisang, susu pisang dan lain sebagainya.

inilah manfaat pisang untuk kesehatan yang perlu kalian ketahui

Buah pisang ini jika matang akan bewarna kuning keemasan. Tetapi untuk pisang hijau kalau matang akan bewarna hijau ketuaan tetapi ukurannya tambah besar. Nah perlu kalian ketahui bahwa pisang mempunyai berbagai manfaat. Kemarin sudah dibahas mengenai manfaat pisang untuk kecantikan. Sekarang akan dibahas mengenai manfaat pisang untuk kesehatan

Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Pisang Dapat Mengatasi Sembelit
Apakah kalian salah satu orang yang sering mengalami sembelit? Mungkin cara satu ini bisa dicoba yaitu dengan makan pisang. Sembelit merupakan kondisi dimana tinja mengalami pengerasan sehingga sulit keluar dan dapat membuat penderitanya mengalami sakit ketika akan mengeluarkannya. Pada pria dibawah 50 tahun membutuhkan serat sekitar 38 gram sehari sedangkan pada perempuan membutuhkan sekitar 25 gram sehari. Sehingga bila kebutuhan serat tidak terpenuhi bisa menyebabkan sembelit.

Pisang dapat mengatasi sembelit dikarenakan pisang mempunyai serat yang tinggi. Sehingga dapat membantu menormalkan motilitas pada usus. Tetapi ini hanya berlaku memakan pisang untuk yang sudah matang. 

2. Buah Yang Cocok Ketika Sedang Diet
Pisang ini sangat cocok bila dikonsumsi pada saat anda melakukan program diet. Hal ini dikarenakan pisang mempunyai kalori yang relatif kecil.  Sehingga sangat bagus untuk program diet  anda. Paling tidak konsumsi minimal satu buah pisang dan maksimal 4 buah pisang. Dengan makan pisang pengganti nasi anda maka hal tersebut dapat membuat berat badan anda menjadi turun. Selain itu juga, buah pisang ini karena mengandung banyak serat maka akan otomatis membuat perut anda akan kenyang lebih lama. Buah yang memiliki serat banyak akan cenderung memperlambat proses pada pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan terasa kenyang lebih lama walupun hanya memakan buah pisang.

3. Pisang Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Didalam buah pisang tedapat kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bila mengalami tekanan darah tinggi, bisa mengonsumsi buah pisang untuk menurunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menyarankan pada orang yang mengalami hipertensi untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium untuk menurunkan tekanan darah. Pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi, maka dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar natrium dalam tubuh. 

Baca Juga :

4. Pisang Baik Untuk Kesehatan Ginjal
Manfaat selanjutnya pada buah pisang adalah sangat baik untuk kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan pisang dapat meringankan tugas ginjal yaitu pembersihkan darah. Dan selain itu juga, pisang dapat mencegah kanker ginjal. Dengan mengonsumsi pisang seminggu paling tidak 3 kali, maka dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen. 

5. Pisang Dapat Membantu Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi (Fe) pada buah pisang dapat membantu mengatasi anemia. Zat besi adalah hal yang sangat penting pada saat pembentukan sel darah merah. Bila tubuh kekurangan sel darah merah, maka dapat menyebabkan orang tersebut berisiko terkena anemia. Setidaknya sehari mengonsumsi 2 buah pisang. Selain dapat mengatasi, buah pisang ini juga dapat mencegah terjadinya anemia. 

Sudah dijelaskan diatas tadi, bahwa buah pisang ini sangat baik untuk kesehatan. Nah, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi buah pisang apalagi untuk yang masih sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah kesehatan pada tubuh anda dengan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah, salah satunya dengan mengonsumsi buah pisang ini. Buah pisang ini selain murah juga sangat mudah mencarinya. Dan jangan lupa seimbangi juga dengan olahraga agar tubuh tetap sehat dan bagus. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel