Kenali Dampak Stres Bagi Tubuh

Sering sekali bila seseorang memiliki pekerjaan yang banyak dan dikumpulkan dalam waktu yang dekat maka akan merasakan stres. Stres ini adalah dimana kondisi seseorang yang mengalami tertekan yang sangat berat sehingga membuat penderita sulit untuk bisa merasakan bahagia. Bagi orang yang sudah biasa hidup dalam tekanan, mungkin stres ini bisa dikelola dengan baik oleh penderitanya. Tapi bagi orang yang baru saja terkena masalah yang sangat banyak, maka bila ia tidak pandai mengelola stresnya akan berdampak buruk untuk tubuhnya.

Kenali Dampak Stres Bagi Tubuh

Untuk kalian yang sering mendapatkan masalah dan merasa tertekan, yuk simak dibawah ini apa dampak yang ditimbulkan oleh tubuh kita jika mengalami stress!

1.   Nafas Menjadi Lebih Cepat
Bila anda sering mengalami stres dan tidak segera ditangani, maka dapat berakibat buruk untuk tubuh. Salah satunya adalah nafas anda akan semakin cepat. Bila nafas anda lebih cepat, maka tidak baik untuk kesehatan jantung anda. Hal ini dapat mengakibatkan anda berisiko terkena kerusakan jantung.

2.   Menurunkan Sistem Imun
Jika stres sedang melanda pada diri anda, maka lebih baik anda harus segera menghilangkannya. Karena bila anda mengalami stres yang berkepanjangan, maka dapat membuat sistem imun anda turun. Sistem imun ini biasanya disebut dengan sistem kekebalan pada tubuh.  Bila sistem imun tubuh menurun, maka dapat mengakibatkan anda mudah terserang berbagai penyakit. 

3.   Berat Badan Naik
Dampak stres selanjutnya adalah dapat membuat berat badan anda cenderung naik. Memang biasanya orang yang lagi stres beran badannya akan turun. Tapi kebanyakan ternyata orang yang stres berat badannya akan naik, hal ini dikarenakan orang yang sedang tertekan sering kali makan. Menurut penderita, maka adalah obat untuk stres yang dialaminya. Sehingga pada saat makan, penderita akan cenderung bahagia. 

4.   Dapat Membuat Depresi
Stres yang berkepanjangan juga dipercaya dapat membuat anda menjadi depresi. Depresi ini terjadi bila penderita sudah memasuki pada stres yang kronis. Dimana penderita sudah tidak mampu mengelola stres sehingga akan mengalami depresi. Bila penderita sudah memasuki depresi maka penderita akan cenderung agresif dan berisiko. Penderita bisa saja akan melukai diri sendiri .

5.   Cepat Tua
Menjadi awet muda adalah impian para wanita. Bahkan tidak jarang, para wanita ini melakukan berbagai macam cara, agar terlihat tampak muda. Memang tua itu pasti, tapi bila kita dapat menjaga tubuh kita dengan baik maka kita juga akan tua pada saatnya. Karena juga ada yang mengalami tua belum saatnya. Hal ini bisa disebabkan karena stres yang dideritanya.  Karena stres dapat membuat pertumbuhan sel-sel baru menjadi lambat.  Hal inilah yang menyebabkan orang cepat tua. Biasanya orang yang mengalami penuaan ditandai dengan munculnya keriput diwajah. 

Baca Juga :

6.   Dapat Menimbulkan Jerawat
Orang yang memiliki jerawat pasti sudah faham mengenai tubuhnya. Karena jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor makanan, minuman, pola hidup, dan stres. Karena stres dapat membuat kulit wajah anda semakin sensitif dan reaktif.  Selain itu juga, stres dapat membuat peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang mana hormon ini dapat memicu pningkatan minyak. Minyak inilah yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah anda. Apalagi bila anda mempunyai wajah dengan tipe kulit berminyak.

7.   Masalah Pada Siklus Menstruasi 
Saat menstruasi tidak kunjung datang, maka para wanita akan cenderung memikirkan apa penyebabnya. Terlebih lagi bagi para wanita yang belum menikah. Hal ini ternyata bisa disebabkan karena stres. Jika kalian sedang mengalami stres, maka dapat membuat siklus menstruasi anda menjadi bermasalah. Hal ini akan bisa mnegakibatkan menstruasi anda menjadi tidak teratur atau bahkan dapat membuat menstruasi anda menjadi sakit. Selain itu juga, stres dapat membuat kram pada perut pada saat anda sedang menstruasi.

Pada penjelasan diatas sudah disebutkan beberapa dampak yang terjadi bila stres terus melanda pada kehidupan anda. Maka dari itu alangkah baiknya anda juga mengistirahatkan tubuh anda sejenak sambil menikmati indahnya alam. Terus jaga kesehatan tubuh anda, agar anda tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel